Latest News

Berikut Ini Peluang Kerja Lulusan S1 Psikologi

Berikut Ini Peluang Kerja Lulusan S1 Psikologi - Halo para pembaca setia Taruna Psikologi, akhirnya setelah saya bergulat menghadapi kesibukan saya sehari-hari,kini saya telah meluangkan waktu yang saya miliki untuk bisa menulis kembali, berbagi ilmu bersama anda semua. Motivasi terbesar dalam setiap saya membuat artikel adalah, tentu saja tidak ingin munafik bahwa ingin blog ini semakin hari akan semakin ramai, jadi selain saya berbagi informasi yang berguna tapi banyak pula pembaca yang saya harapkan akan meninggalkan sebuah komentar dibawah, dan me-follow akun medsos milik saya pribadi, ataupun cuma sekadar ingin mengunjungi dan juga membaca tulisan-tulisan yang sudah saya sediakan dalam blog ini sehingga akan mendongkrak naik jumlah pengunjung harian dalam blog saya ini.

Apa saja pekerjaan atau peluang kerja untuk lulusan S1 Psikologi yang paling umum

Pada artikel saya dalam blog kali ini adalah merupakan sebuah inspirasi yang pernah membekas dalam pikiran saya dan juga kebetulan juga cewek saya adalah seorang mahasiswa S1 Psikologi, mungkin ini tidak hanya soal cewekku saja akan tetapi ini tentunya akan dialami oleh setiap orang yang mungkin sedang menempuh S1 Psikologi namun bingung nanti peluang kerja lulusan S1 Psikologi itu ngapain  ? Saya akan membahasnya pada artikel kali ini. Setelah tulisan dari pengalaman teman-teman saya yang senior yang kuliah S1 Psikologi serta fakta dalam kuliah S1 Psikologi yang sangat ramai dikunjungi oleh visitor, maka saya pada artikel kali ini akan share tentang pengalaman saya dan juga beserta teman-teman saya seperjuangan setelah kami selesai lulus S1 Psikologi selama 1,5 tahun silam. Nah, bagi teman-teman semua yang pada saat ini sedang duduk dibangku SMA ataupun mungkin saja anda yang sedang berada pada waktu tahun terakhir anda di kuliah S1 Psikologi tapi maupun S2 Psikologi juga tidak apa-apa sih,, yaaa mungkin saja anda sedang berpikir pada saat ini, nantinya bisa kerja apa sih hanya dengan kita memiliki ijazah S1 psikologi ? laku beratkah ? dulu sayapun juga selalu berpikir begitu dan sering sekali tertanam dalam otak saya :) Nah pada tulisan saya kali ini, saya akan mencoba bagikan sebuah gambaran yaitu beberapa posisi model pekerjaan apa saja yang bisa dilamar dan dibutuhkan oleh seorang bergelar S.Psi (Sarjana Psikologi) S1 Psikologi.



1. Menjadi Guru BP (Guru BK)
Ini merupakan hal yang umum kita dengar bahwa ini adalah salah satu posisi paling favoritnya dari lulusan S1 psikologi. Apabila anda merasa kalau kerja di kantor itu terlalu statis dan juga merasa lebih cocok dan suka interaksi sosial dengan anak-anak maupun remaja, maka profesi sebagai seorang guru BP sangat bisa anda coba, lagipula kan kerjanya nyantai. Anda sudah pasti tahu seperti apa profesi sebagai guru BP disekolah itu. Jadi tugas anda adalah antara lain melakukan sebuah konseling kepada siswa didik anda, bisa juga menilai komponen dari sisi psikologis mereka (anak didik anda) yang berada di sekolah, atau juga bisa terkadang anda hanya sekadar untuk menjadi tempat curhat yang nyaman bagi siswa-siswa remaja yang biasanya paling umum mereka sedang galau. Yaaa menurut saya sih itu seru banget sebenarnya :)

Peluang lulusan S1 Psikologi yang berada dibidang guru BP untuk bisa berkembang kemungkinan di masa depan adalah : syukur-syukur kalau anda nanti bisa diangkat jadi Kepsek (karena guru BP saya pada waktu SMP dulu sekarang ini menjabat menjadi kepsek di SMP saya sekarang), anda juga bisa membuka assessment center sendiri di bidang ilmu psikologi pendidikan, dan anda juga bisa membuka sebuah lembaga pendidikan anda sendiri.

2. Menjadi Researcher (Seorang Peneliti)
Sarjana psikologi yang berhasil menyandang lulusan S1 Psikologi juga ada yang bisa bekerja dibidang lain yaitu sebagai seorang peneliti, meskipun mungkin itu terdengar memang kurang populer. Akan tetapi perusahaan banyak juga yang ternyata membuka lowongan bagi lulusan S1 Psikologi sebagai peneliti dan biasanya adalah lembaga survei atau lembaga-lembaga statistik, memang kantor penelitian. Seorang lulusan S1 psikologi, mereka menyandang gelar Sarjana biasanya lebih banyak dipekerjakan untuk meneliti dalam bidang sosial. Apabila anda ingin sekali menerapkan keterampilan dan ilmu metodologi penelitian serta pengetahuan teoretis yang anda kuasai ke dalam pekerjaan yang bersifat lebih ilmiah, maka profesi semacam ini cocok banget sekali untuk anda! Serunya, anda akan lebih sering keluar (out door) untuk mengambil data dalam masyarakat sosial !


3. Menjadi Sales dan Marketing
Sebetulnya model profesi ini juga bisa digeluti dan ditempati posisinya oleh siapa saja, entah itu mau dari lulusan jurusan apapun juga. Akan tetapi lulusan S1 psikologi, namanya juga ilmu sosial, yaa Sarjana Psikologi juga bisa menjadi sukses di bidang yang satu ini lho guys ! Ketika kita kuliah psikologi, maka kita tentunya telah dibekali dengan berbagai ilmu-ilmu yang bisa membuat kita jauh lebih cepat untuk memahami karakter seseorang dan juga bagaimana cara seseorang untuk mengambil suatu keputusan (bidang ilmu psikologi sosial). Maka jangan heran bila terkadang seorang sarjana psikologi biasanya justru closing-nya bisa lebih cepat daripada yang lain! Serunya lagi kerja sebagai seorang sales ataupun marketing, kita dapat bertemu dengan banyak sekali dan bermacam-macam orang yang berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan ataupun sosial, dan juga potensi yang penghasilannya lumayan besar (tapi tergantung juga dari jumlah penjualan).

Jadi peluang untuk bisa berkembang dalam bidang sales dan marketing ini di masa depan adalah : syukur kalau bisa menjadi direktur marketing, sebagai sales namun dengan hasil penjualan yang sangat nilainya fantastis, bisa membuka usaha anda sendiri dirumah (karena merasa sudah memiliki berbagai keterampilan dalam berjualan yang baik kepada konsumen).


4. Menjadi HRD atau Personalia
Menjadi seorang HRD atau disebut human resources and development merupakan salah satu bidang profesi yang saya rasa adalah profesi yang paling banyak sekali digeluti oleh banyak orang dari lulusan S1 Psikologi. Menjadi seorang HRD mempunyai sebuah tanggung jawab untuk bisa merekrut orang baru sebagai karyawan-karyawan yang baru untuk bisa menempati posisi-posisi tertentu yang pada saat recritment sedang dibutuhkan oleh perusahaan anda, maka dalam memberikan penilaian performa (dalam bahasa kantorannya adalah: KPI atau disebut key performance indicator), memang terkadang juga harus mengurus payroll maupun penggajian. Tapi serunya berada diposisi HRD adalah kita bisa menyortir dari banyaknya bahkan ratusan CV, kita bisa menghubungi mereka, lalu memberikan psikotes, kita juga yang akan melakukan wawancara kepada mereka, lalu selanjutnya kita yang memutuskan apakah akan memperkerjakan orang tersebut ataupun tidak itu hak kita didalam perusahaan tempat anda bekerja (ini biasa dalam pengambilan keputusan juga dilakukan bersama antara anda sebagai HRD dengan atasan anda, user, ataupun bos kita). Yaaa terkadang memang seorang HRD juga biasanya akan dikirim juga untuk tugas ke luar kota yang ditugaskan untuk membantu merekrut calon karyawan-karyawan yang berasal dari luar kota anda. Jadi bagi anda yang suka sekali berkarir didalam kantor, maka HRD adalah suatu pilihan yang sangat cocok bagi anda!

Jika anda bekerja di HRD maka peluang untuk bisa berkembang dalam bidang ini di masa depan adalah : anda bisa konsisten berkarir terus sehingga nanti anda bisa menjadi seorang direktur HRD, anda juga bisa membuka konsultan HR maupun SDM sendiri, anda juga bisa menjadi seorang trainer.



Saya rasa cukup mewakili dari apa saja yang bisa menjadi peluang kerja lulusan S1 Psikologi yaitu  ke-4 profesi tersebut yang sudah saya jelaskan bagi anda yang berasal dari lulusan S1 Psikologi, jadi jangan galau bagi lulusan S1 Psikologi karena bidang bisa anda geluti sebenarnya masih banyak sekali sekali 4 yang saya sebutkan tadi, anda masih bisa mendaftar TNI Perwira Karir, Polisi Sekolah Inspektur Sumber Sarjana dan masih banyak sekali.... Semoga bermanfaat, kalau ada salah kata mohon dimaafkan, kalau ada yang mau ditambahkan monggo komentar dibawah ini :)

Baca Juga : Inilah 7 Cara Mudah Menghilangkan Prasangka Buruk Kepada Orang Lain

0 Response to "Berikut Ini Peluang Kerja Lulusan S1 Psikologi"