Latest News

Inilah 7 Cara Mudah Menghilangkan Prasangka Buruk Kepada Orang Lain

Inilah 7 Cara Mudah Menghilangkan Prasangka Buruk Kepada Orang Lain - Kalau berbicara tentang prasangka buruk kepada orang lain itu memang cukup membahayakan.
- Mengapa demikian dibilang cukup bahaya ? bisa menimbulkan hal dibawah ini :
- Bisa membuat diri kita menjadi sering dengki kepada orang lain
- Bisa membuat orang lain menjadi tidak suka juga dengan kita
- Lalu kemudian akan keluarlah kata-kata yang kasar
- Pada akhirnya akan berkelahi, dan juga hubungan pun menjadi hancur
- Terakhir bahkan yang parah adalah bisa merusak kesehatan anda

Lantas, apakah Anda juga merasa seperti begitu juga? Memang sih, tidak sedikit pula sebagian dari kita yang mudah sekali terjangkit oleh pikiran negatif tersebut yang menyelimuti diri kita dan pikiran kita. Oleh sebab itu, maka tidak bisa berkata tidak, yaitu pikiran negatif yang ditimbulkan dari pikiran kita sendiri seperti itu wajib untuk dihilangkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak baik untuk anda juga. Jadi sebaliknya, alangkah baiknya kita harus selalu senantiasa untuk memperbanyak menanam pikiran-pikiran yang positif.

Bagaimana cara mudah menghilangkan prasangka buruk kepada orang lain agar tidak menghantui pikiran kita

Nah, sekarang bagaimana caranya untuk bisa menciptakan suasana pikiran positif agar bisa menghilangkan prasangka buruk ? Setidaknya aya akan berbagi tips atau cara mudah menghilangkan prasangka buruk kepada orang lain,,  ada 7 cara yang akan saya paparkan disini. Berikut ini dia adalah caranya .

1. Coba Anda kurangi interaksi dengan orang-orang yang berpikiran buruk; atau si tukang gosip maupun tukang ghibah, dan tukang yang suka cari-cari kesalahan namun tidak solutif
Tidak menutup kemungkinan bahwa sebetulnya awal mulanya kenapa anda jadi suka berpikir negatif dan akhirnya tidak bisa menghilangkan prasangkan buruk kepada orang lain adalah karena anda ketularan orang-orang yang ada sekitar anda yang juga ternyata suka sekali berpikiran negatif, jadi kesannya anda ini mudah sekali terprovokasi.
Misalnya saja, mereka suka sekali menggosipi tentang aib dari orang lain, dan mereka banyak mengeluh namun tidak mempunyai solusi tepat, dan sebagainya.
Apabila memang di sekitar anda ada banyak atau sedikit (yang jelas ada) orang yang seperti itu, maka ada baiknya sekarang mulai Anda kurangi saja berinteraksi dengan mereka itu karena anda akan selalu terpengaruh suka prasangka buruk kepada orang lain.

Meskipun bukan berarti anda jadi semkain tidak berhubungan sama sekali dengan mereka. Tentu saja anda perlu juga mengajak mereka supaya bisa menjadi lebih baik lagi. Akan tetapi, kalau seandainya anda memang belum kuat tekadnya, maka ada baiknya anda untuk melatih diri anda terlebih dulu. Apabila anda sudah kuat, selanjutnya barulah anda  mulai pengaruhi mereka, agar bukan anda melulu saja yang dipengaruhi sehingga suka prasangka buruk kepada orang lain.

2. Cobalah anda ingat-ingatlah fakta apa saja kebaikannya di masa lalu bersama anda
Sekarang cobalah anda untuk mengingat-ingat kembali kebaikannya apa saja di masa lalu, ini salah satu tips untuk menghilangkan prasangka buruk kepada orang lain.
Kalau misalnya Anda suka berpikiran negatif terhadap seseorang, hanya karena dia suka sekali bicaranya agak keras kepada orang, maka hal tersebut bukan berarti lalu dia benci kepada anda. tapi bisa jadi justru hal itu merupakan bukti bahwa bagaimana pedulinya dia dengan anda, makanya dia mencoba untuk mengingatkan anda apabila anda mempunyai salah. Ingatlah, dulu dia pernah ikut merasakan sedih ketika anda juga sedang mengalami sakit dan juga kesulitan. Lalu kemudian dia berusaha untuk membantu Anda keluar dari kesulitan. Dia sudah rela keluarkan uangnya untuk anda, dia korbankan sebagian waktunya, hanya demi Anda.
Sekarang anda ingatlah saja semua kebaikannya di masa lalu yang sudah diperbuat, maka pasti lama-lama tidak akan ada lagi tempat bagi pikiran negatif dalam pikiran anda untuk menghinggap serta anda pasti dapat menghilangkan prasangka buruk kepada orang lain. Kalau dulu anda pernah bisa begitu,maka kenapa sekarang kok tidak?



3. Apakah khawatir orang lain akan membenci anda? Ada yang perlu harus dikhawatirkan tetapi ada pula yang memang seharusnya tidak harus anda khawatirkan
Terkadang kita suka sekali merasa khawatir bahwa orang lain akan suka sekali menghina kita dari sudut belakang maka dari sini anda akan muncul prasangka buruk kepada orang lain. Nah, apabila seperti demikian, maka ada kalanya anda memang harus cuekin saja hal seperti itu, tapi ada kalanya juga diaman anda memang harus peduli dengan hal itu. Oleh karena itu, anda harus pintar untuk mencari tahu dulu mana yang sekiranya perlu dikhawatirkan atau tidak, jangan belum apa-apa anda sudah prasangka buruk kepada orang lain. Jika sebelumnya anda pernah juga melakukan hal yang buruk, sehingga mereka menjadi tidak suka kepada anda, maka anda memang patut harus khawatir akan hal itu karena kesalahan anda sendiri jelas. Anda harus dan wajib untuk meminta maaf  kepada mereka secara tulus dan memperbaikinya agar suasana menjadi enak. Kalau memang pasti sebelumnya anda tidak pernah ada berbuat salah apa-apa saja, akan tetapi entah kenapa kok mereka menjadi tidak senang kepada Anda, yaa barangkali boleh saja anda acuhkan saja yang seperti itu daripada anda jadi prasangka buruk dan pikiran anda tidak tenang. Anda tidak pelru dikhawatirkan akan apapun hinaan mereka yang dilontarkan terhadap Anda.

4. Anda harus lebih klarifikasi, jangan anda berprasangka
Sebenarnya alternatif dari cara anda prasangka buruk itu bukan hanya soal berprasangka baik. Jadi alternatif yang lainnya, yaitu anda harus mengklarifikasi daripada anda prasangka buruk terus kepada orang lain. Ngapain anda berprasangka-berprasangka yang tidak pasti, kalau memang bisa mendapatkan info yang fakta benar dengan cara anda mengklarifikasi ? Selama hal tersebt memungkinkan, maka klarifikasilah.
Apa saja hal yang anda khawatirkan dari orang yang ada disekitar anda ? Selanjutnya anda tanyakan saja langsung kepada yang bersangkutan, ajak ngobrol baik-baik, sopan. Jangan anda mengarang-ngarang bebas sesuka anda. Anda memiliki prasangka buruk itu namanya mengarang bebas, bahkan anda berprasangka baik pun itu juga sama saja namanya mengarang.
Jadi tentunya jika pembicaraannya agak sensitif, maka anda harus pandai-pandai untuk ngomong.

5. Anda renungkan terlebih dulu, apa saja kepentingannya dari memikirin hal tersebut ? untungkah buat anda ?
Sekarang pada tahap ini sebelum anda sibuk dengan berpikiran negatif yang mengarang macem-macem sesuka anda, anda seharusnya berpikir dahulu apakah kepentingannya dari anda memikirin hal tersebut ? apa untungnya prasangka buruk seperti itu kepada orang lain ? untung untuk anda kah ? bisa menghasilkan uang ? bisa menaikkan jabatan anda ? memberi anda kebahagiaan kekal dan memiliki kekuatan superhero yang tidak terkalahkan bahkan Superman dalam film Man Of Steel pun tidak bisa mengalahkan anda ? hehheheh just a joke guys...
Renungkan juga :
    Apakah jika tidak ngurusin hal tersebut,lalu cita-cita dan juga tujuan anda menjadi terganggu ?
    Apakah jika anda ngurusin hal tersebut, maka anda bisa dapat banyak pahala dari Tuhan ?
    Apakah anda siap untuk memberi solusi yang tepat terhadap semua masalah tersebut ?

Apabila anda memang di situ ada suatu kepentingan, maka langsung uruslah. Kalau tidak, bisa anda tunda terlebih dulu, atau tidak usah diurus juga sama sekali biar sekalian. Mending juga anda lebih baik ngurus yang lain saja. Kewajiban anda yang lain juga masih banyak sekali kan ?

6. Bayangkan saja apabila dia sudah meninggal,  lalu apakah anda masih mau saja terus ber prasangka buruk kepadanya ?
Terkadang memnag kasus seperti su’udzon ( prasangka buruk ) itu bukanlah kepada orang yang memang kurang dikenal atau juga bahkan bisa juga yang tidak dikenal sekalipun, malah justru biasanya su’udzon atau prasangka buruk ini malah terjangkit kepada orang-orang yang ternyata selama ini lumayan dekat juga hubungannya. Seperti misalnya antara:

    Orang tua dan anak
    Rekan kerja
    Mertua dan menantu
    Tetangga
    Suami dan istri
    Saudara
    Sahabat
    Teman seperjuangan
    Dan lain sebagainya..

Nah, tidak jarang juga, terkadang ada juga rasa yang sangat menyesal telah berbuat suatu keburukan kepada orang-orang yang telah kita sensi kepadanya tersebut, munculnya pada saat biasanya orang tersebut telah tiada. Jadi anehnya, rasa menyesal tersebut tidak muncul pada saat orang tersebut ketika masih hidup. Cobalah anda bayangkan saja apabila dia sudah meninggal, apa masihkah anda mau untuk ber prasangka buruk kepadanya ? Apalagi kalau memang yang namanya orang meninggal itu yah tentu pasti terjadi kepada setiap orang. Tidak usah anda bayangkan-bayangkan, juga pasti nanti ya kejadian. Jadi jangan sampai kita juga ikut menyesal di belakangan nanti. Mending lebih baik diantisipasi saja dari sekarang.
 
7. Ingatlah yang namanya dosa, yah tentunya jangan dilakukan. Maka konsekuensinya akan siksa di Neraka Jahanam looh..
Apabila anda suka sekali memendam prasangkan buruk kepada orang lain, anda suka tidak ada kepentingan juga anda selalu berpikiran negatif dan juga berburuk sangka kepada orang lain, terus saja anda menyimpan dalam-dalam prasangka buruk itu maka itu adalah haram hukumnya saudara / saudariku yang terkasih. Ingat Berdosa. Kalau begitu, mulai sekarang jangan kita lakukan lagi lah. Maka dari itu, maka kita harus selalu senantiasa ingatlah kepada Allah.


Baca juga :  Inilah Jenis Sulap Luar Biasa Seni Mentalism

0 Response to "Inilah 7 Cara Mudah Menghilangkan Prasangka Buruk Kepada Orang Lain"