Latest News

Macam-Macam Tes Psikologi

Macam-Macam Tes Psikologi - Akhir-akhir ini sedang booming sekali bagi masyarakat kaum muda maupun kaum tua, semua lingkungan yang sedang ingin daftar Tentara atau TNI maupun Polisi, ada juga yang hanya tes minat bakat, atau bahkan ada juga yang ingin melamar kerja di sebuah perusahaan tertentu, yaaa tentu akan sangat erat sekali kaitannya dengan psikotes atau tes psikologi, ada banyak macam-macam tes psikologi yang harus dilalui oleh para calon atau peserta. Sebab dari semua macam-macam tes psikologi yang telah diberikan itu bisa digunakan untuk seleksi bagi para calon atau peserta apakah dia layak atau tidak, oleh sebab itu perlu anda ketahui bahwa setiap anda akan mendaftar TNI, Polisi, minat bakat atau bidang pekerjaan tertentu lainnya sangat erat sekali dengan psikotes, nah apa saja macam-macam tes psikologi tentunya anda juga harus tahu untuk bisa menghadapinya , yaa anggap saja anda bisa untuk bahan pembelajaran lah yaa meskipun itu bisa disebut curang sih sudah dibocorkan hehehehhe..... tapi serius ini penting sekali untuk anda, saya pribadi pernah mencoba daftar TNI , salah satu nya pernah gagal juga di tes psikologi, oleh sebab itu saya ingin berbagi terkait dengan psikotes, apa saja macam-macam tes psikologi yang akan di hadapkan pada calon atau peserta ?? mari kita bahas sedikit sekilas tentang macam-macam tes psikologi  ....



1. TES LOGIKA PENALARAN


Seperti apa tes ini ?, Tes ini terdiri dari deret gambar baik itu 2 ataupun 3 dimensi modelnya. Nah, yang ingin diukur didalam tes ini yaitu kemapuan anda untuk memahami suatu pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian bisa melakukan sebuah prediksi tepat berdasarkan dari pola anda tersebut.

 2. TES LOGIKA ARITMATIKA


Lalu dengan yang satu ini ? Tes ini berupa deret angka. Dari tes ini yang ingin diukur adalah kemampuan anda menganalisa dalam memahami suatu pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam perwujudan deret angka) untuk itu nanti, kemudian anda memprediksikan hal-hal yang lain berdasarkan dari pola tersebut.


3. TES ANALOG VERBAL


Ini cukup membuat anda bingung kalau tidak mengetahui banyak kata dalam KBBI, tes ini terdiri dari 40 soal yang ada dan berisi sinonim/antonim/analog dari suatu kata. Nah, Yang diukur didalam tes ini yaitu kemampuan dari logika anda terhadap sebuah kondisi tertentu, untuk bisa melihat sejauh mana anda dapat memahami sebab-akibat dari suatu permasalahan.



4. WARTEGG TEST


Tes ini kelihatan sederhana namun jangan disepelekan, ini penting , tes ini terdiri dari 8 kotak yang tersedia berisi suatu bentukan-bentukan tertentu yang ada seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, 2 garis saling memotong, 2 garis terpisah, ada juga tujuh buah titik yang tersusun melengkung dan juga garis melengkung. Maka disini anda akan diminta untuk menggambar dari sebuah objek gambar yang ada, sesuai imajinasi anda, kemudian anda diminta untuk menuliskan urutan gambar yang telah anda buat tadi, lalu selanjutnya anda menuliskan nomor dari gambar mana paling anda sukai, tidak disukai, sulit dan juga mudah menurut anda. Dari tes ini yang ingin diukur dalam adalah emosi, imajinasi, intelektual serta aktifitas subjek.

5. KRAEPLIEN ATAU PAULI


Nah, tes satu ini merupakan salah satu dari macam-macam tes psikologi yang cukup mampu memeras otak, stamina, ketegangan, emosi. Tes ini terdiri atas sebuah gugusan angka-angka yang telah tersusun secara membujur (dari atas-bawah) dan dalam bentuk lajur-lajur. Setiap calon pegawai atau pekerja diminta untuk menjumlahkan setiap dua angka yang berdekatan dalam waktu yang telah ditentukan di setiap kolom atau baris dan anda menuliskan disampingnya. Yang diukur didalam tes ini yaitu konsistensi anda, ketahanan anda, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya untuk penyesuaian diri, ketelitian dan juga sekaligus kecepatan anda dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang ada atau tugas dari pekerjaan.

6. DRAW A MAN TEST (DAM)


Ini agak simpel tapi maknanya juga cukup besar, dan banyak dari kita yang tidak bisa menggambar dengan baik, tes ini dituntut mengharuskan anda yaitu untuk menggambar sesorang, lalu anda kemudian diminta deskripsikan usia, jenis kelamin dan juga aktifitas dari orang tersebut. Nah, tes ini dipergunakan para panitia tes seleksi untuk dapat mengetahui dari sisi tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan serta ketahanan kerja anda dalam bekerja nanti.

7. ARMY ALPHA INTELEGENCE TEST


Ini sepertinya mudah, sepertinya, tapi ketika dicoba cukup untuk membuat anda pusing juga jika sudah dicampur dengan tes psikologi yang lainnya Tes psikologi ini terdiri dari 12 soal yang berisi sebuah kombinasi deretan angka serta deretan bentuk. Dalam soal, satu soal kadang juga terkait dengan soal yang sebelumya. Dan yang diukur didalam tes ini yaitu kemampuan dari daya tangkap anda dalam menerima serta melaksanakan suatu instruksi yang diberikan dengan cepat dan tepat.



8. EDWARDS PERSONAL PREFERENCE SCHEDULE (EPPS)


Ini yang kadang juga bisa memjatuhkan andam meskipun ini merupakan satu dari macam-macam tes psikologi yang ada terlihat seperti tidak ada apa-apanya tapi bisa menggugurkan anda, tes ini terdiri dari pilihan-pilihan jawaban yang paling bisa mencerminkan diri anda sendiri. Tes ini biasanya dipergunakan untuk dapat mengetahui seberapa besar sebuah motivasi, kebutuhan dan juga motif seseorang tersebut (calon).

9. MENGGAMBAR POHON


Ini juga merupakan salah satu dari macam-macam tes psikologi yang ada, banyak yang salah kaprah atau keliru dalam menggambar, tes ini terdiri atas sebuah tugas untuk anda menggambar pohon dengan kriteria tertentu yaitu : berkambium (dicotyl), bercabang dan juga berbuah. Sehingga anda tidak diperbolehkan untuk menggambar pohon yang jenis bambu, semak belukar, pisang maupun tanaman yang berjenis monocotyl lainnya.


Baiklah semoga bermanfaat bagi para pembaca , jika anda memang ingin mendaftar jadi TNI, Polisi, Pekerja dalam bidag tertentu yang sekiranya memang ada psikotes maka segera pelajari macam-macam tes psikologi dan latihan terus, semoga apa yang anda cita-citakan terkabul ....amin .....

Baca Juga : Tes Kepribadian Ekstrovert Atau Introvert

2 Responses to "Macam-Macam Tes Psikologi"

  1. Ternyata banyak bangat jenis tes psikologi. HMm awalnya saya pikir hanya tes penalaran dan logika saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyaa memang cukup banyak jenis tes psikologi, saya juga awalnya mengira tes psikologi itu-itu saja tapi pas dulu saya pernah nyoba daftar TNI tapi gagal, yaaa salah satunya yaa di psikotes itu, dan ternyata memang macemnya banyak..

      Delete