Latest News

Memiliki Banyak Pikiran Dapat Menimbulkan Insomnia

Memiliki Banyak Pikiran Dapat Menimbulkan Insomnia - Apakah anda seringkali mengalami susah tidur ? terutama pada malam hari, tentunya kita semua pernah mengalami hal tersebut yang membuat kita merasa sulit tidur atau insomnia. Terkadang ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan insomnia , tidak hanya tentang anda sedang beraktivitas namun memiliki banyak pikiran dapat menimbulkan insomnia juga karena otak kita secara tidak sadar kita paksa untuk bekerja terus-menerus sehingga hal itu akan membuat otak dan pikiran kita menjadi tidak tenang sehingga dapat menimbulkan insomnia.



Memang tidak bisa dipungkiri bahwa hampir mustahil sekali untuk benar-benar bisa menghindari stres atau beban pikiran. Pada satu sisi, memang stres mampu untuk menjadi dorongan yang positif untuk mempunyai energi dan juga berupaya semaksimalan. Akan tetapi apabila terlalu berlebihan juga dapat menimbulkan insomnia atau gangguan tidur.

Maka saran dari saya adalah jangan sampai anda memiliki banyak pikiran sehingga dapat membuat salah tidur. Stres adalah suatu respon terhadap segala peristiwa yang terjadi sehari-hari yang bisa memengaruhi secara emosional, perilaku, dan fisik. Selain itu dapat membuat seseorang menjadi susah tidur, stres juga dapat memicu rasa kecemasan, sulit konsentrasi, depresi dan lain-lain.

Menentukan Penyebab
Salah satu cara yang tepat untuk bisa mengatasi stres yang bisa membebani pikiran anda adalah mencoba untuk menentukan apa penyebabnya. Cermatilah segala kondisi maupun kegiatan apa saja yang sekiranya kemungkinan menjadi penyebabnya.
Peristiwa ataupun kondisi yang dapat membuat stres seperti contohnya masalah keuangan anda atau pernikahan, seringkali juga menyebabkan anda menjadi susah tidur yang kemudian terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Lepaskan saja segala rasa khawatir yang ada dipikiran anda setiap kali akan pergi tidur. Bila perlu anda memikirkan atau mencoba merencanakan sesuatu yang lain, lakukanlah hal tersebut setelah waktu tidur dan juga buat batasan seberapa lama anda akan melakukannya. Hal ini akan diharapkan mampu setidaknya meminimalisir rasa khawatir yang timbul dari pikiran anda sebelum tidur.

Membuat pikiran anda terlalu aktif ketika mendekati waktu untuk tidur maka dapat memicu gangguan tidur anda. Selain itu juga membuat susah tidur atau insomnia, kemungkinan besar juga bisa membuat Anda jadi terbangun di tengah malam seperti ngelindur karena tubuh serasa mendapat sinyal dalam kondisi waspada.

Menenangkan Diri
Bagaimana suatu ritme sirkadian dari tubuh juga akan mengatur seseorang untuk terjaga pada siang hari dan juga menyebabkan mengantuk pada malam hari. Walaupun mempunyai variasi, akan tetapi pada umumnya puncak dari rasa kantuk yang luar biasa pada orang dewasa adalah pukul 2-4 malam dan juga 1-3 siang. Rasa kantuk yang dirasakan pada waktu-waktu tersebut pasti akan terasa semakin sangat berat bila memang tubuh kekurangan kualitas tidur.
Menjelang waktu untuk tidur, dibandingkan dengan memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak mampu untuk anda lakukan hingga besok hari, maka ada baiknya jika mulai menuliskan adanya rasa khawatir yang anda rasakan tersebut ke dalam jurnal khusus. Jadi, hal ini diharapkan akan mampu menurunkan rasa ketegangan anda sebelum tidur.

Anda juga dapat menggunakan sebuah teknik relaksasi lain seperti berdoa, meditasi ataupun  juga bisa melakukan peregangan-peregangan ringan yang dapat membuat anda nyaman. Bisa juga anda membaca juga termasuk dalam kegiatan lain yang bisa anda lakukan sebelum tidur, akan tetapi hindari membaca suatu artikel atau apapun dari ponsel, laptop, maupun gawai lainnya. Cahaya yang berasal dari gadget dan ditangkap oleh panca indera mata kita dari perangkat tersebut justru malah akan membuat mata anda menjadi sulit terpejam.

Meski seperti terdengar kuno, namun bila berhitung mundur bisa anda mengalihkan perhatian semua dari hal-hal yang bisa menguras pikiran, sehingga kemudian anda merasa mengantuk.

Tips Untuk Membantu Anda Tidur Nyenyak
Inilah Beberapa cara yang bisa membantu anda untuk tidur nyenyak dan juga mengurangi rasa stres, antara lain :
Upayakan anda menjadwal waktu tidur dan bangun anda pada waktu yang terprogram sama setiap harinya.
Batasi juga waktu tidur siang anda.
Cobalah hentikan untuk mengkonsumsi kandungan kafein dan rokok kalau bisa beberapa jam sebelum anda mau tidur.
Perbanyak makan buah, biji-bijian dan sayur, hindari juga gula berlebih.
Rutin berolahraga secara teratur.
Buatlah tempat tidur anda senyaman mungkin agar tentram diranjang. Sesuaikan saja suhu ruangan, lampu yang ada, dan masih banyak hal-hal lain yang bisa membuat anda tidur nyenyak.

Jangan anda biarkan kondisi yang banyak pikiran tersebut membuat anda susah untuk tidur atau insomnia berlarut-larut. Konsultasikan saja semua permasalahan anda dengan ahli psikolog ataupun dokter untuk mengatasi semua hal tersebut.

Baca Juga : Apa Saja Efek Buruk Sering Menonton Porno ? 


0 Response to "Memiliki Banyak Pikiran Dapat Menimbulkan Insomnia"