Latest News

Bagaimana Cara Mengatasi Remaja yang Selalu Minta Gadget Baru

Bagaimana Cara Mengatasi Remaja yang Selalu Minta Gadget Baru - Manusia hidup dalam tahap yang sama dari ia dilahirkan sebagai bayi kecil yang mungil sampai ia bertumbuh lansia tentu saja dalam beberapa tahap tersebut manusia memiliki karakter yang berbeda-beda, seperti halnya yang akan kita bicarakan pada hari ini adalah masa remaja yang kebanyakan mereka selalu digandrungi oleh gadget baru. Di usia yang sudah meninjak remaja, maka tentu saja banyak sekali yang mudah untuk terpengaruh dengan gaya hidup dari teman-temannya. Contohnya apabila ada teman yang mempunyai gadget baru seperti handphone, laptop, maka tentu saja dia pun ingin juga memiliki gadget baru. Nah, lalu bagaimana cara mengatasi remaja yang selalu minta gadget baru ? Setiap ada keluaran model atau tipe yang baru selalu saja minta yang baru terus.

remaja gadget baru
Add caption


Sebenarnya pertanyaan seperti hal ini memang menjadi salah satu pertanyaan yang paling populer di kalangan para Konsultasi Psikologi Anak dan Remaja. Salah satunya ada seorang cewek,dia sudah menikah dan berusia 39 tahun. DIa mengatakan bahwa "Saya mempunyai anak yang saat ini duduk dikelas 1 SMA. Anak saya memang saya berikan sebuah smartphone untuk bisa berkomunikasi dan laptop untuk memudahkan mengerjakan tugasnya. Akan tetapi ada hal yang membuat saya jadi kesal sekali akhir-akhir ini karena dia minta dibelikan smartphone dan tablet PC lagi, sebenarnya saya sudah mencoba unttuk menasihatinya namun hal itu malah justru membuat dia ngambek. Lalu apa yang seharusnya saya lakukan,apakah saya harus membelikan dia gadget baru sesuai permintaannya ? ".

Ada seorang bernama Ratih Zulhaqqi yaitu seorang pengasuh Konsultasi Psikologi Anak dan Remaja telah mengatakan bahwa salah satu peran dari orang tua adalah untuk memberikan fasilitas apa saja yang menjadi kebutuhan untuk anak serta mendukung secara positif apapun kegiatan anak. Dan selain itu orang tua juga harus mengarahkan anaknya untuk mempunyai tanggung jawab atas segala apapun yang dia lakukan.

Apabila anak kerap kali meminta gadget baru, maka ada baiknya orang tua coba untuk menggelar diskusi ringan dengan anaknya serta mengajak anak untuk ngobrol lalu membuat prioritas kebutuhan, menjelaskan kepadanya. "Kemudian coba untuk memberikan kepada si anak sebuah pertimbangan untuk beberapa opsi dari apa hasil diskusi tersebut. Pada dasarnya anak memang akan selalu menyangkal dengan mengajukan permintaan lainnya lagi kepada orang tuanya, nah tetapi kalau sudah begitu sekrang tinggal bagaimana orang tua bisa membuat keputusan atas apapun permintaan dari tersebut terkait dari awalnya dia meminta gadget baru," kata Ratih.

Para orang tua, sambung lagi Ratih, tetap mempunyai hak untuk boleh menentukan dan juga berdiskusi bersama anak. Salah satu opsi yang dapat dilakukan kepada anak adalah bila ia tetap menganggap bahwa tablet PC sekiranya lebih penting maka gadget yang lain yang dipunyai anak bisa dijual saja, sehingga anak bisa lebih memaksimalkan fungsi dari PC itu sendiri sesuai dengan tujuannya namun selama itu positif, apapun gadget baru nya asalkan dimaksimalkan positif.


Baca Juga : Bagaimana Bila Orang Dengan Kepribadian Plegmatis Menjadi Pemimpin 

0 Response to "Bagaimana Cara Mengatasi Remaja yang Selalu Minta Gadget Baru"