Latest News

Pengertian Psikologi Dan Psikologi Pendidikan

Pengertian Psikologi Dan Psikologi Pendidikan - Haloo sahabat Taruna Psikologi, di artikel yang lalu kita telah membahas 10 Cara Bagaimana Mewujudkan Rencana Hidup kita sering mendengar, menerapkan dan tahu tentang ilmu psikologi namun banyak dari kita yang belum mengerti tentang psikologi itu sendiri dan apa hubungannya dengan psikologi dalam pendidikan.. So, mari kita bahas hal tersebut kawan, agar kita bisa lebih mengerti tentang psikologi.  Psikologi adalah sebuah istilah yang sangat lama atau bisa disebut juga dengan ilmu jiwa yang berasal dari kata English : psycology. Dari kata psycology tersebut adalah 2 batang kata-kata yang sebenarnya sumbernya berasal dari greek (dalam bahasa yunani), artinya satu) psyche artinya jiwa; atau dua) logos artinya adalah ilmu. So, berarti secara lengkap psikologi berarti ilmu kejiwaan atau kepribadian manusia .



Psikologi biasanya dikaitkan pada kehidupan kejiwaan manusia pada umumnya. pada hubungan  dengan hal ini, psikologi diartikan dengan ilmu pengetahuan mempelajari perilaku manusia, mengapa dan bagaimana cara manusia melakukan sesuatu, dan juga mempelajari bagaimanakah cara makhluk hidup tersebut sedang berfikir serta berperasaan dengan hal apapun.

Seseorang bernama Bruno (tahun 1987) dalam penjelasannya telah membagi definisi tentang psikologi menjadi 3 aspek yang pada teorinya itu bisa saling berkaitan. Yang Pertama, psikologi merupakan sebuah studi (pendidikan  / edukasi) tentang “roh”. Yang Kedua, psikologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan tentang “kehidupan mental dan jiwa”. Yang ketiga, psikologi merupakan ilmu pengetahuan tentang “sifat atau tingkah laku” individu.

Ada lagi seseorang bernama Chaplin (1972) di dalam dictionary of Psychology menjelaskan bahwa psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang membahas sifat perilaku manusia dan juga  hewan, serta penyelidikan tentang penjelasan organisme pada segala keanekaragaman serta tingkat kerumitannya pada saat merespon alur dan perubahan yang ada di sekitar dan peristiwa kemasyarakatan yang mengubah lingkungan hidupnya.

“Psikologi” yang awalnya berasal dari bahasa Yunani yaitu “psyche” berarti jiwa, dan juga “logos” berarti ilmu pengetahuan. So, secara harfiah (menurut arti nya dalam teori yang ada) psikologi berarti ilmu pengetahuan yang harus mempelajari tentang suatu kejiwaan dan akal , entah itu mengenai berbagai macam gejalanya, prosesnya atau bisa juga latar belakangnya, dan bisa juga disebut dengan  ilmu kejiwaan.

Kalau kita Membahas tentang jiwa, alangkah baiknya kita harus bisa membedakan antara mana nyawa dengan mana jiwa. Nyawa ialah daya jasmani yang cara kerjanya tergantung pada kehidupan jasmani dan  yang bisa menimbulkan perbuatan badaniah dalam hidup, yaitu kejadian yang di hasilkan dari proses belajar. Contohnya : insting, refleks, nafsu . Apabila jasmani kita telah mati, maka nyawa juga akan mati.

Sedangkan yang dimaksud dengan jiwa ialah pola daya hidup rohani  yang sifatnya adalah abstrak, dan yang telah menjadi penggerak serta sekalian perbuatan individu (personal behavior) yang asalnya  hewan tingkat tinggi dan juga manusia. Perbuatan individu adalah suatu perbuatan dari hasil proses belajar yang dilakukan dari keadaan jasmani, rohani, sosial dan lingkungan.  belajar  merupakan suatu proses agar meningkatkan kepribadian (personality )

Pendidikan sering kita dengar dan apa itu pendidikan, pendidikan berasal dari kata “didik”, dan kata ini mendapat awalan me yang akhirnya menjadi “mendidik”, artinya adalah untuk membina,memelihara dan memberikan suatu latihan. Untuk memelihara dan memberi akhlak dan kecerdasan pikiran yang baik.Lalu Selanjutnya, “pendidikan” dari menurut KBBI adalah suatu proses perubahan sikap dan tata laku / perilaku sesorang atau kelompok dalam suatu usaha pendewasaan manusia lewat upaya pengajaran dan pelatihan yang diterima.
Psikologi Pendidikan merupakan sebuah disiplin psikologi yang tugasnya menyelidiki suatu permasalahan secara psikologis yang ada dan terjadi didalam dunia pendidikan. Sedangkan menurut  ensiklopedia yang ada di Amerika Serikuat / USA, Pengertian psikologi pendidikan yaitu merupakan suatu ilmu yang prinsipnya dalam suatu proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan dan serta  harusmenerapkan teori, prinsip dan cara bagaimana untuk meningkatkan keefisiensi yang ada di dalam dunia pendidikan.

Nah sobat ,kita telah belajar sedikit tentang pengertian psikologi itu sendiri dan apa itu psikologi pendidikan, demikian artikel dari saya, kalau ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan yaa sobat ... kita bertemu lagi diartikel selanjutnya, So, tetep datengi terus yaa,, anda akan mendapat artikel-artikel pembelajaran yang pasti akan mengubah hidup anda terhadap lingkungan...

Baca Juga : inilah Sifat Berdasarkan Golongan Darah

0 Response to "Pengertian Psikologi Dan Psikologi Pendidikan"