Latest News

kenali kepribadian seseorang

kenali kepribadian seseorang - Membahas kepribadian adalah suatu hal yang menarik dibahas, karena melibatkan jiwa, hasrat dan keinginan .Kepribadian selalu berhubungan dengan manusia yang memiliki eksistensi penting sebagai makhluk sosial , baik secara internal "(sosial bagi dirinya sendiri)" atau secara eksternal"(sosial bagi orang lain)", dalam istilah lain tiap manusia punya kepribadian yang beda. tanpa kepribadian, manusia tidak akan teruji, tidak jelas,tidak ada arti, dan bukan seperti manusia yang seharusnya. KEPRIBADIAN MEMBEDAKAN ORANG SATU DENGAN YANG LAIN.



kepribadian berasal dari kata persona ,(merujuk pada topeng yang biasa dipakai pemain sandiwara di zaman romawi kuno ). secara general ,kepribadian itu selalu menuju pada bagaimana cara individu untuk mempopulerkan diri dan menebarkan kesan bagi pribadi yang lain.

Yang mana pada dasarannya secara harfiah definisi dari kepribadian itu sendiri secara general  adalah lembek karena menilai perilaku yang bisa diperhatikan dan bisa diabaikan kemungkinan yakni ciri ini bisa saja berubah tergantung bagaimana situasi yang ada di sekitarnya. Selain definisi disebut lembek entah karena sifat nya yang bersifat evaluatif (sifat yang selalu menilai), bagaimanapun  juga  dasarnya kepribadian itu tidak bisa dinilai "baik" maupun "buruk" karena sifat netral.

Yang menarik tentang psikologi adalah mempelajari kepribadian ini sehingga dari banyak ahli  yang menjadikan ini suatu pelajaran ilmu yang terpisah dari ilmu yang ada . Pada beberapa konsep , masalah ini menjadi isu sentral sehingga banyak ahli yang memberi argumentasi yang berbeda tentang kepribadian . C.G. Jung pada bukunya "Psychological Types" di tahun 1971, ia memberikan kepribadian itu dari introvert dan extrovert. Kedua tipe itu ditandai oleh sifat individu kepada sebuah obyek. Seorang yang introvert pada dasarnya seringkali ingin melarikan diri daripada obyek, seakan obyek itu harus dicegah agar tidak menguasai diri nya. Sebaliknya, orang yang ekstrovert memiliki sikap yang positif kepada obyek. Mereka itulah yang telah menguasai obyek tersebut.

Isabel Briggs Myers pada bukunya "Gifts Differing" , membagi kedelapan tipe Jung menjadi dua tipe yang membahas tentang penilaian dan pemahaman. Dia itulah yang telah berhasil menemukan tipe Myers-Briggs yang adalah indikator kepada pengukuran preferensi kepribadian, kapasitas serta keterbatasannya. Ia yakin tiap tipe memiliki kekuatan masing-masing.

G.W All Port (1897) yang telah menyelesaikan Ph.D-nya di bidang psikologi pada era tahun 1922 di Hardvard University , memberi gagasan, "Personality is the dynamic organizationb wwithin the individual those psychological system that determine his unique adjustment to his environtment." (kepribadian adalah organisasi dinamis yang ada pada seseorang didalam suatu sistem kejiwaan yang menentukan keunikan penyesuaian dengan lingkungannya) . Dan dari gagasan tersebut kita bisa mengerti bahwa kepribadian itu merupakan suatu organisasi yang telah terstruktur dari banyak unsur yang saling berkaitan . Keterkaitan ini memiliki struktur pengaturan pada hubungan fungsional.

Kepribadian memiliki banyak sekali arti jamak nya, bahkan gara-gara banyaknya itu bisa dibilang total definisi serta pengertian dari kepribadian merupakan sekumpulan orang yang menafsirkannya. Dalam hal ini terjadi dikarenakan adanya perbedaan pada penyusunan konsep, penelitian dan pengukurannya.


Sumber : http://nubogalalakon.wordpress.com/2012/05/18/memahami-tipe-dasar-kepribadian-manusia/

4 Responses to "kenali kepribadian seseorang"

  1. tapi terkadang manusia memiliki banyak sisi gan ,terkadang yang udah dekat jadi sahabat belum tentu mereka baik juga

    ReplyDelete