Latest News

Mengapa Anak Susah Makan ? Ini 3 Hal Penyebabnya Menurut Pandangan Psikologi

Mengapa Anak Susah Makan ? Ini 3 Hal Penyebabnya Menurut Pandangan Psikologi - Apa kabar para sahabat Taruna Psikologi,bagaimana keadaan kalian saat ini ? baik-baik saja kan ? semoga demikian yaa guys. Minggu kemarin saya dicurhati sama tetangga saya sebelah rumah yang baru saja menikah 4 tahun, dan mereka sudah dikaruniai seorang anak yang masih kecil, dia bercerita bahwa anaknya susah sekali makan sehingga badannya kurus. Dari situ saya mendapatkan sebuah inspirasi untuk menuliskan artikel pada blog Taruna Psikologi ini ,mungkin saja ada yang mempunyai masalah yang sama diluar sana semoga bermanfaat , terkait dengan anak susah makan. Nah, jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Mengapa anak susah makan ? ini 3 hal penyebabnya menurut pandangan psikologi.



Orang tua mana sih yang tidak merasakan kekhawatiran yang berlebihan apabila anaknya susah makan? dan sedangkan makanan dan juga asupan bergizi tinggi tentu baik bagi anak adalah sebuah hal yang terpenting karena di dalam masa-masa pertumbuhan tubuh dari sang anak. Dan, Sedangkan makanan bagi anak juga memiliki tiga fungsi yang sangat baik sekali, yaitu gunanya pemenuhan segala kebutuhan gizi dan juga sebagai energi, bisa sebagai edukasi, serta entertainment.

Penyebab Anak Susah Makan
Ini memang sebuah masalah serius jika anak susah makan, maka sebaiknya ini harus segera bisa diatasi, akan tetapi tidak dengan cara yang memaksa anak untuk menghabiskan semua makanan  yang disuguhkan padanya dengan tingkat porsi yang berlebihan. Harusnya cari dulu apa penyebab si anak ini jadi susah makan.

1.     Cemas
Sang anak memiliki rasa cemas ini adalah yang paling sering dialami oleh anak batita. Contohnya saja , cemas untuk berpisah dari kedua orangtuanya karena mereka berpikir bahwa akan terjadi sesuatu hal yang buruk yang akan menimpa orangtuanya nanti ; mekrea juga cemas karena berada di dalam lingkungan yang asing dan baru, semisalnya mereka ketika mulai untuk bersekolah, dan juga sebagainya. Tentu kecemasan yang timbul tersebut sering kali juga disertai dengan gejala-gejala dari sisi fisiologis ataupun perilaku lain seperti gelisah atau resah, muncul berkeringat dingin, jantung berdebar-debar, sulit sekali untuk konsentrasi, merasa susah tidur, dan lain sebagainya. Kondisi-kondisi yang seperti ini akan berpengaruh pada bagaimana pola makan si anak, termasuk juga membuat si anak ini akan jadi susah makan.

2.     Depresi
Tentu bagi sang anak yang mengalami depresi bisa saja mengalami dua masalah dalam hal makan, yaitu yang pertama makan yang berlebihan atau tidak terkendali sehingga nantinya akan membuatnya jadi obesitas atau ia bisa menjadi sulit sekali makan. Depresi yang biasa banyak dialami oleh anak di usia sekolah. Penyebabnya juga bermacam-macam biasanya. Ada yang mungkin karena menjadi korban bully oleh teman-temannya disekolah seperti contohnya diejek, digoda, atau mendapatkan kekerasan, dan lain sebagainya.

3.     Pola relasi yang tak bagus dengan orangtua.
Ketika si anak saat makan dan juga rewel terus, lalu biasanya direspons oleh orangtuanya dengan rasa tidak sabar dan juga dengan memaksa si anak, maka  sebenarnya peristiwa makan akan menjadi sesuatu hal yang sangat tidak menyenangkan. Maka akibatnya nanti, si anak pun nanti menjadi semakin susah makan. Nah dalam hal pola asuh untuk sang anak, maka orangtua seharusnya tidak mengajari anak-anaknya untuk mengonsumsi makanan yang biasanya bervariasi alias bisa dibilang orang tua hanya menyediakan makanan yang seperti itu-itu saja yang membuat anak bosan mungkin tujuannya baik , namun hal itu justru akan membuat anak bosan sekali makan dirumah, si anak akan merasa jenuh sekali. Hal ini akan membuat sang anak tidak bisa belajar untuk mengenal rasa dan atau jenis makanan yang sangat beragam diluar sana. Maka akibatnya, nanti si anak akan menjadi pilah-pilih makanan dan terbiasa makan yang itu-itu saja. Jadi ujung-ujungnya, si anak pun nanti nya akan menjadi susah makan.

Dan tidak hanya itu saja sebenarnya guys, Selain itu juga faktor psikologis anak juga dapat mengganggu pola anak menjadi susah makan, seperti sebuah kondisi rumah tangga yang sedang bermasalah misalnya dari dirinya sendiri dengan orang tua, atau dari faktor orang tuanya sendiri atau dia dengan kakeknya dan lain sebagainya, dengan terciptanya suasana makan yang terasa kurang menyenangkan, ataupun tidak pernah makan bersama dengan orangtua, maupun si anak juga terlalu dipaksa untuk memakan makanan yang sebenarnya tidak disukai.


Baca Juga : Melihat Psikologi Cewek Dari Cara Duduknya

0 Response to "Mengapa Anak Susah Makan ? Ini 3 Hal Penyebabnya Menurut Pandangan Psikologi"