Latest News

Tips Mengenali Orang Berbohong

Tips Mengenali Orang Berbohong – Ini adalah topik yang sangat amat menarik untuk dibahas ,karena sebagian besar dari kita pasti ingin memperlajari hal ini, entah itu dari kaum pria ataupun kaum wanita, sangat berguna sekali bagi kita mengenali bahasa tubuh orang berbohong agar kita mengetahui bahwa kita sedang di bohongi atau sedang jujur. Maka dari itu perlu kita belajar apa saja tanda-tanda dari orang berbohong dan ini sangat efisien saat kita sedang berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari kita, dengan lawan jenis kita, dengan keluarga atau saudara kita, atau kita sedang meeting penting dalam kantor kita, atau tiba-tiba suatu saat ada orang datang kerumah kita lalu mencoba untuk menawarkan sesuatu pada kita, dan masih banyak lagi. Agar kita bisa mengerti apakah orang yang sedang kita hadapi itu berbohong atau tidak maka kita perlu mempunyai jurus rahasia .Sebenarnya tidak lah sulit untuk mengetahui orang yang kita hadapi sedang berbohong atau tidak, bahasa tubuh secara spontan akan membeberkan kebohongan tersebut,hal ini terjadi karena orang tersebut yang sedang berbohong lebih mengutamakan ucapannya daripada apa yang terjadi pada tubuhnya . Bagaimana pun dia pintar menyembunyikkan kebohongan namun bahasa tubuh tak bisa membohongi, bahasa tubuh akan memberikkan isyarat tubuh yang lepas dari kontrolnya karena otak punya sistem pengaman yang akan diteruskan apabila menerima pesan nonverbal yang tidak selaras.

Beberapa tips di bawah ini akan membantu kita menghadapi orang-orang yang sedang berusaha membohongi kita, sehingga langkah selanjutnya kita bisa langsung memukul kepalanya.  :-D  :-D

Menutup Mulut Dan Terbatuk
Ini adalah hal kecil yang sering dilakukan oleh anak kecil atau pun orang dewasa saat sedang berbohong, selain menutup mulut kadang juga menyamarkan kebohongannya dengan berpura-pura batuk padahal dia tidak sedang terkena penyakit batuk .Keinginan menutup mulut ini adalah sebuah reflek yang terjadi tanpa disadari nya, otak mengirimkan sinyal, menyuruh untuk menghentikkan omongan bohongnya.

Menyentuh Hidung
Gerakkan ini relatif lebih halus daripada orang yang menutup mulutnya, orang yang berbohong akan dengan sendirinya mengusap-usap bagian bawah hidungnya baik secara cepat ataupun lambat ,jika dilakukan cepat maka anda akan kesulitan memastikannya. Biasanya gerakan ini ringan dan lembut , bukan keras dan seperti menggaruk ,tapi anda harus hati-hati karena bisa saja dia sedang gatal. Penjelasannya adalah sewaktu pikiran sedang berbohong memasuki pikiran alam bawah sadar otak akan menyuruh tangan menutup mulut .Ini adalah respon mulut yang telah berbicara bohong tapi saat terakhir tangan menuju mulut – agar usahanya tidak terlalu terlihat menutup mulut – maka tangan agak sedikit ditarik menjauhi wajah maka akan didapati sentuhan di hidung ,teori lain mengatakkan bahwa saat orang berbohong maka ujung saraf hidung terasa gatal maka seseorang yang berbohong tersebut akan mengurangi rasa gatalnya dengan menyentuh hidungnya namun dengan pelan dan lembut. Nah apakah anda pernah secara tidak sadar melakukan gerakkan tersebut saat berbohong ??

Memalingkan Pandangan, Menggosok Mata ,Jumlah Kedipan
Mata adalah jendela hati dan jiwa ,mata dapat mengungkapkan semuanya dan hal ini memang benar adanya, mata bisa menceritakan suasana hati, bahkan apabila anda berbohong .Saat berbohong mata berusaha melihat atau memandang ke arah lain, entah itu kebawah atau keatas ,yang jelas memalingkan pandangan dari orang yang berbicara dengannya .Biasanya memalingkan pandangan disertai dengan isyarat mata yang gatal dan dia akan menggosok-gosok mata nya atau bisa juga pandangan tetap tertuju pada lawan namun dia menggosok-gosok mata nya ,biasa nya pria menggosok mata nya lebih keras daripada wanita namun gerakkan menggosok mata tidak selalu di mata ,bisa juga di area sekitar mata. Cara lain endeteksi kebohongan adalah dengan melihat ada nya peningkatan kedipan mata .Orang yang berbohong maka saraf matanya akan bekerja lebih cepat dari biasa nya.

Memalingkan Wajah
Ada hubungannya dengan isyarat menggosok mata ,isyarat memalingkan wajah bisa dilakukan setelah atau sebelum menggosok mata ,orang yang sering memalingkan wajah saat berbicara sebenarnya menyimpan sesuatu . Michael Argyle dalam buku nya “ The psychology of interpersonal behavior “ berkata bahwa frekuensi orang saling pandang berkisar antara 30-60 % dari waktu pembicaraan ,orang cenderung lebih banyak membutuhkan kontak mata dibanding bicara artinya orang akan lebih banyak melihat lawannya ketika lawan bicara nya sedang berkata-kata. Dalam gerakan isyarat ini ada pengecualiannya ,misalnya dalam hal budaya ,contoh dalam adat jawa seorang yang lebih muda tidak sopan bila terlalu sering menatap orang yang lebih tua saat berbicara, maka berhati-hatilah dengan pengecualian ini.

Menggaruk Leher
Dari penelitian Dr. Morris gerakan isyarat menggaruk leher biasa nya dengan jari telunjuk ,hal ini menunjukkan keraguan atau ketidakpastian dari apa yang telah diucapkannya .Gerakan ini bisa dilakukan bagian kanan atau kiri leher ,baik dengan tangan kiri atau kanan .Tidak ada penjelasan apakah menggaruk leher bagian depan atau belakang termasuk isyarat berbohong namun bila kita menemukkan isyarat yang mengikuti nya (menutup mulut, memalingkan wajah, kontak mata dll.) bisa juga dia sedang berbohong .

Perubahan Nada Suara
Meskipun ini bukan bahasa tubuh tapi begitu banyak rujukkan pelajaran yang perlu dipelajari untuk memahami karakter lawan bicara .Coba amati orang yang sedang wawancara di radio atau TV ,bila perkataannya menunjukkan intonasi yang tidak jelas,disebabkan volume suara tambah mengecil atau artikulasi suara yang tidak jelas. Jika hal ini terjadi kemugkinan dia mengatakkan hal yang tidak benar. Perubahan bisa terjadi apabila seseorang sedang gugup sehingga suara nya yang keluar jadi tidak lancar. kegugipan bisa terjadi dan itu merupakkan tanda orang sedang berbohong.

Demikan tips utnuk mengetahui orang sedang berbohong, semoga bisa bermanfaat bagi banyak orang agar kita bisa lebih mengetahui apakah lawan bicara kita sedang berbohong atau tidak.





3 Responses to "Tips Mengenali Orang Berbohong"

  1. itu memang gerakan refleks untuk menutupi sesuatu.. nice post!

    ReplyDelete
  2. kunjungi punya ane gan herfandomaulana.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. hehehe...
    lebih mudah untuk tahu org yg suka ckp bohong lepas ni..

    ReplyDelete