Latest News

Inilah Mimpi Secara Psikologi

Inilah Mimpi Secara Psikologi - Kita sering kali mendengar istilah tentang mimpi , banyak sekali ungkapan yang mengatakan bahwa mimpi adalah bunga tidur dan mengartikan bahwa tak perlu kita menghiraukan apa yang telah kita mimpikan saat tertidur . Akan tetapi dalam konsep psikologi, mimpi memiliki makna tersendiri , untuk memahami makna mimpi tersebut perlu pemahaman dari diri sendiri karena mimpi tersebut tercipta karena mimpi tersebut datang atau hadir dalam tidur seseorang yang tercipta dari alam bawah sadar orang itu sendiri.

Dari penjelasan menurut Kamus besar bahasa Indonesia (2008) ,mimpi merupakan hal yang terlihat atau di alami saat tidur . Selama bertahun-tahun bahkan berabad-abad tidur dianggap untuk mengistirahatkan fisik kita serta untuk merelaksasi otot. Tapi fakta nya , ketika kita tertidur tubuh kita melakukan gerakan yang secara tidak sadar melatih otot , “Dengan menyadari hal ini, maka bukan istirahat secara fisik yang kita butuhkan selama tidur, melainkan istirahat secara psikologis” (Dee, 1991/2005, h. 15).

Apabila seseorang kekurangan tidur maka secara penelitian ,seseorang akan mengalami penurunan kesadarannya dan membuat meningkatkan gangguan emosionalnya misalnya orang tersebut menjadi paranoid . Ada beberapa eksperimen yang dilakukan yang menyatakan bahwa apabila seseorang dibangunkan dari tidurnya selama dua hari berturut-turut maka orang tersebut akan mengalami gangguan serta distorientasi secara mental. (Dee 1991 / 2005 : king 2013) .




Mimpi Dari Ilmu Psikologi
Menurut psikolog Sigmund Freud (1856 - 1939) , beliau menyatakan jiwa manusia itu diibaratkan sebuah gunung es , yang bagian muncul di permukaan air adalah bagian kesadaran, yang bagian agak kebawah permukaan air adalah alam prakesadaran dan terakhir bagian yang tidak tampak ke permukaan air, itu adalah bagian alam ketidaksadaran . Alam ketidaksadaran (Subsconcious mind) ini berisi tentang dorongan biologis seperti agresif dan dorongan seksual . Dorongan-dorongan ini apab ila dibiarkan atau bertentangan dengan self-image seseorang ,maka akan disanbgkal oleh bagian rasional dan kepribadian orang tersebut yang berasal dari kepribadian seseorang tersebut (atau bisa disebut juga dengan ego) .Dorongan tersebut juga bisa ditekan dengan Superego atau faktor dorongan untuk berbuat kebaikan .

Menyelami Dan Memahami Arti Mimpi
Dengan memahami arti mimpi dapat membantu seseorang mengenali diri nya sendiri dan orang yang ada disekelilingnya . Memahami makna mimpi maka sweseorang akan tahu apa yang harus dia lakukan , namun untuk memahami mimpi nya tersebut ,seseorang harus mampu menerjemahkan simbol-simbol yang terdapat atau dilihatnya dalam mimpi tersebut karena mimpi dapat bersifat tunggal dan bisa juga bersifat ganda sehingga perlu pendalaman lebih untuk menterjemahkan arti mimpi nya tersebut.

Peringatan Dari Sebuah Mimpi
Setiap mimpi biasanya memiliki sebuah pesan atau peringatan tersendiri untuk seseorang tersebut yang mengalami sebuah mimpi, sehingga si pemimnpi tersebut bisa mencari tahu apa arti mimpi nya sehingga bisa lebih berhati-hati apabila sinyal mimpi terebut menandakan suatu bahaya .

Pendorong Emosional 
Sebuah emosi seseorang dapat terdorong karena mimpi, misalkan seseorang sedang trauma oleh sesuatu maka hal tersebut akan tersimpan dalam memori nya di dalam alam bawah sadar seseorag tersebut. Pikiran akan berusaha untuk mengekspresikan ingatan tersebut sewaktu-waktu karena dorongan sesuatu yang berhubungan dengan trauma nya . 

Menyelesaikan Permasalahan
Sebuah mimpi yang muncul menyampaikan sebuah pesan atau makna untuk bisa menyelesaikan sebuah persoalan maupun masalah yang ada, hanya saja kadang mimpi tersebut mudah untuk dipahami tapi kadang juga sulit sekali untuk dipahami yang lihatnya hanya sebuah simbol-simbol. Ini terjadi karena hubungan dari alam sadar dan alam bawah sadar. Apabila pikiran alam sadar lupa maka alam bawah sadar memiliki tugas yaitu untuk mengingatkan kembali hal yang telah dilupakannya.

0 Response to "Inilah Mimpi Secara Psikologi"